Daftar Blog Saya

Senin, 03 Juni 2013

makanan zaman doloe..

  1. Harga Rp. 3.000,-/pack, 1 pack isi 10 buah
    Ini cokelat sukanya aku gigit pojoknya terus aku pencet isinya sampai keluar terus mbentuk gitu haha.

  2. Chocolate choyo-choyo (coklat dengan wadah ada sendoknya juga)
    Harga Rp. 9.000,-/pack, 1 pack isi 20 buah
    Ini lumayan suka nih aku sama ini. Tapi jarang yang jual dulu jadi jarang beli juga.

  3. Chips-Chips FUJI 
    Harga Rp. 10.500,-/pack, 1 pack isi 20 bungkus
    Sekarang sih masih suka liat. Tapi kurang hobi aku sama yang satu ini. Hehehe.
  4. Coklat Koin (Coklat berbentuk koin)Harga Rp. 24.500/toples, 1 toples isi 70 buah
    Kalo yang ini malah kurang suka aku. Berasa aneh aja rasanya.
  5. Permen Karet Yosan GepengHarga Rp. 5.000/pack, 1 pack isi 24 buah
    Dulu waktu kecil suka nih beli yang ini. Apalagai yang rasa jeruk. Yaa walaupun dulu belum bisa main permen karet.
  6. Permen Karet Yosan Kotak PadatHarga Rp. 10.000/pack, 1 pack isi 60 buah
    Ini mau dibilang permen karet apa bukan ya Haha soalnya hancur duluan sebelum dikuyah.
  7. Permen KakiHarga Rp. 10.000/pack, 1 pack isi 25 buah
    Sekarang sih masih ada di warung kalo ini.
  8. Permen Pendekar BiruHarga Rp. 10.000/pack, 1 pack isi 25 buah
    Inget banget dulu suka sok-sokan jadi pendekar habis makan ini haha.
  9. Permen Jagoan Neon
    Ada yang masih ingat harganya?
    Ini sama kayak pendekar biru. Bisa buat lidah biru gitu warnanya. Bedanya kalo ini lebih variasi warnanya.
    Dulu kalo jajan ini dimarahin soalnya zat pewarnanya ga bagus katanya terus bikin batuk.
  10. Permen Davos
    Harga Rp. 5.000/packs, 1 packs = 4 Bungkus
    Dalam 1 bungkus -+ ada 20 Butir Permen
    Dulu jarang sih beli ini. Habisnya pedes hehe.
  11. Permen Celup “CuCuPop”
    Harga Rp. 16.500/pak, 1 pak = 20 permen
    Aaah hobi bgt deh aku sama permen satu ini. Makannya sambil dicelup serbuk apa gitu. Seger deh pokoknya!
  12. Coklat Superman (Sekarang Coklat Superstar)Harga Rp. 14.500/dus, 1 dus = 25 bungkus
    Dulu aku suka banget sama ini. Tapi sekarang rasanya agak beda jadi kurang suka aja. Ukurannya juga beda.
  13. Chiki Tic TicHarga Rp. 10.500/packs, 1 packs = 20 bungkus
    Biasa sih kalo ini. Ga begitu suka banget.
  14. Chiki
    Harga 1 bungkus seribu.
    Sekarang sih emang masih ada. Tapi kalo dulu rasa kejunya lebih nendang.
  15. Chiki Kenji “Si Koboi Kocak”Harga Rp. 8.500/ 10 chiki, Perdus Rp. 28.500, 1 dus=40 chiki
    Kenji yang ada di gambar aja rasa dendeng. Cinta Indonesia banget nih. Harusnya bukan Kenji tapi Gerandong.
  16. Mie GemeZ (tinggal di kremeeZz)Harga Rp. 16.500/packs, 1 packs = 20 Bungkus
    Cara makan digenggem terus diremez kalo di bungkusnya. Nyampe lupa ngasih bumbunya.
  17. Coklat PayungHarga Rp. 12.500/packs, 1 packs = 20 Buah Coklat Payung
    Kalo di Indomart gitu masih ada sih. Tapi yang ukuran besar dan mahal. Dulu 100 aja udah dapet haha.
  18. Permen Pletok “Magic Pop” Harga Rp. 16.500/packs, 1 packs = 20 Bungkus
    Seru banget nih kalo makan ini. Berasa ada petasan di mulut kita.
  19. Permen Dreamy (Black Forest & Milk) Harga Rp. 9.500/slide, 1 slide = 40 Bungkus
    Susu banget rasanya. Jadi kangen.
  20. Mie Koki STT Harga Rp. 7.500/packs, 1 packs = 20 Bungkus
    Ini nih mie favoritku. Dulu suka borong kalo beli.
  21. Agar Agar “jelly stick”
    Harga Rp. 33.000/pak (1pak ada 90 buah) atau Harga Rp. 4.500/10 buah
    Walau cuma agar-agar, tapi aku suka banget. Soalnya seger banget kalo dimakan.
  22. Lidi / Nyere / Biting
    Harga Rp. 16.500/pak (1pak ada 20 buah)
    tersedia rasa asin dan pedas (bisa mix 10asin dan 10pedas)
    Dulu masih ingat bener aku harganya cuma 200 perak. Tapi sekarang ada sih walau harganya 1000.
  23. Permen Pindy Mint “Dingin-Dingin Empuk”
    Harga Rp. 9.500/pak (1pak ada 50 permen)
    Hahaha dulu suka niruin slogan iklannya.
  24. Permen Polo
    Harga Rp. 9.500/pak (1pak ada 6 bungkus permen)
    Permen bolong. Masig sering di deket kasir.


    Nah itu tadi jajanan jaman dulu. Paling kangen sama yang mana nih? hahaha. Kalau ada yang masih kurang boleh usul tambah.

mainan zaman doloe..

Monopoli


Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

 Kelereng

Permainan paling ngangenin bagi kaum cowok (bukan karena punya kelereng), tapi pasti inget masa jayanya main kelereng menang terus sampe punya beberapa toples kelereng.
 

Layangan

Paling cocok dimainin pas hari berangin. Peringatan: dapat menyebabkan kulit hitam dan rambut jadi berwarna gaul.
 

Petak Umpet



Petak umpet adalah sejenis permainan yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang, namun jika semakin banyak akan semakin seru.
 

Ular Naga


Ular Naga adalah satu permainan berkelompok yang biasa dimainkan di luar rumah di waktu sore dan malam hari. Tempat bermainnya di tanah lapang atau halaman rumah yang agak luas. Lebih menarik apabila dimainkan di bawah cahaya rembulan. Pemainnya biasanya sekitar 5-10 orang, bisa juga lebih, anak-anak umur 5-12 tahun (TK - SD).

 

Congklak


Congkak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan.


 
bola Bekel


Permainan bekel umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan tapi permainan ini juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki. Bekel merupakan permainan melontarkan bola ke atas dan menangkapnya kembali. Tetapi pada saat bersamaan harus mengambil atau mengubah posisi biji-biji yang ada sesuai peraturan tingkat kesulitan yang dijalankan. 


Sabtu, 01 Juni 2013

MASALAH-MASALAH BIMBINGAN PRIBADI –SOSIAL

1. Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Pemantapan pemahaman tentang kekuatan diri dan pengembangannya untuk kegiatan yang lebih kreatif, produktif, dan normatif baik dalam keseharian maupun untuk peran di masa yang akan datang.
3. Pemantapan pemahaman tentang bakat dan minat pribadi dan penyaluran dan pengembangannya pada/melalui kegiatan yang kreatif dan normatif dan produktif.
4. Pemantapan tentang kelemahan diri dan usaha penanggunlanggannya.
5. Pemantapan kemampuan pengambilan keputusan.
6. Pemantapan kemampuan mengarhkan diri sesuai dengan keputusan yang telah diambil.
7. Pemantapan dalam perencanaan dan penyelenggaraan hidp sehat jasmani dan rohani.
8. Pemantapan kemampuan berkomunikasi.
9. Pemantapan kemampuan menerima dan menyampaikan argumentasi secara dinamis, kreatif, normative dan produktif.
10. Pemantapan kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial dengan penuh tanggung jawab.
11. Pemantapan hubungan yang dinamis dan harmonis dengan teman sebaya, orang tua, dan masyarakat sekitar.
12. Orientasi tentang kehidupan berkeluarga.
Dilihat dari masalah individu, ada empat jenis bimbingan yaitu :
1. Bimbingan Akademik : Bimbingan akademik yaitu bimbingan yang diarahkan untuk membantu individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah akademik. Yang tergolong masalah-masalah akademik yaitu : pengenalan kurikulum, pemilihan jurusan/konsentrasi, cara belajar, penyelesaian tugas-tugasdan latihan, pencarian dan penggunaan sumber belajar, perencanaan pendidikan lanjutan, dan lain-lain.
2. Bimbingan Sosial-Pribadi Bimbingan social merupakan bimbingan untuk membantu para individu dalam memecahkan masalah-masalah social pribadi. Yang tergolong dalam masalahmasalah social pribadi adalah masalah hubungan dengan sesama teman, dengan dosen, serta staf, pemahaman sifat dan kemampuan diri, penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan dan masyarakat tempat mereka tinggal, dan penyelesaian konflik.
Masalah-masalah yang berkaitan dengan bidang sosial :
a. Berperilaku sosial yang bertanggung jawab, meliputi :
1) Kurang menyenangi kritikan orang lain;
2) Kurang memahami tata karma (etika) pergaulan;
3) Kurang berpartisipasi dalam kegiatan sosial, baik di kampus maupun di Masyarakat
b. Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya, meliputi :
1) Merasa malu untuk berteman dengan lawan jenis;
2) Merasa tidak senang kepada teman yang suka mengkritik.
c. Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga, meliputi :
1) Sikap yang kurang positif terhadap pernikahan;
2) Sikap yang kurang positif terhadap hidup berkeluarga.

PERPISAHAN BK PRIBADI-SOSIAL

BK pribadi Bertujuan membantu siswa agar mampu mengembangkan kompetensinya, sbb :
n  Memiliki komitmen untuk mengamalkan nilai-nilai keimanan dan
n  ketaqwaan kepada Allah Swt. Baik dalam kehidupan
n  pribadi,keluarga, pergaulan dengan teman sebaya,sekolah,
n  tempat kerja, masyarakat.
n  Memiliki pemahaman tentang irama kehidupan yang bersifat fluktuatif.
n    Memiliki pemahaman dan penerimaan diri secara  objektif dan konstruktif (kelebihan dan kelemahan diri).           
n  Memiliki sikap positif atau respek terhadap diri  sendiri.      
n  Memiliki sikap optimis dlm menghadapi masa depan.          
n  Meiliki kemampuan untuk melakukan pilihan secara sehat , sesuai dengan nilai2 agama, etika, dan nilai2 budaya.
Menurut Dewa Ketut Sukardi (1993: 11) mengungkapkan bahwa bimbingan pribadi-sosial merupakan usaha bimbingan, dalam menghadapi dan memecahkan masalah pribadi-sosial, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan. Abu Ahmadi (1991: 109) Bimbingan pribadi-sosial adalah, seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat mengahadapi sendiri masalah-masalah pribadi dan sosial yang dialaminya, mengadakan penyesuaian pribadi dan sosial, memilih kelompok sosial, memilih jenis-jenis kegiatan sosial dan kegiatan rekreatif yang bernilai guna, serta berdaya upaya sendiri dalam memecahkan masalah-masalah pribadi, rekreasi dan sosial yang dialaminya. Inti dari pengertian bimbingan pribadi-sosial yang dikemukakan oleh Abu Ahmadi adalah, bahwa bimbingan pribadi-sosial diberikan kepada individu, agar mampu menghadapi dan memecahkan permasalahan pribadi-sosialnya secara mandiri. dapat disimpulkan bahwa bimbingan pribadi-sosial merupakan suatu bimbingan yang diberikan oleh seorang ahli kepada individu atau kelompok, dalam membantu individu menghadapi dan memecahkan masalah-masalah pribadi-sosial, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan. Pengertian Bimbingan pribadi - social merupakan bimbingan untuk membantu para individu dalam memecahkan masalah-masalah social pribadi. Bimbingan pribadi - sosial adalah layanan bimbingan untuk membantu siswa agar menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mantap dan mandiri, sehat jasmani dan rohani serta mampu mengenal dengan baik dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya secara bertanggung jawab.Bimbingan pribadi - social pribadi diarahkan untuk memantapkan kepribadian dan mengembangkan kemampuan individu dalam menangani masalah-masalah dirinya. Bimbingan ini merupakan layanan yang mengarah pada pencapaian pribadi yang seimbang dengan memperhatikan keunikan karakteristik pribadi serta ragam permasalahan yang dialami oleh individu. Adapun masalah yang terhimpun dalam persoalan pribadi-sosial meliputi masalah hubungan interaksi dengan orang lain (orang tua, saudara, teman, guru dan masyarakat di lingkungan individu), masalah pengaturan diri baik dalam bidang kerohanian, perawatan diri (jasmani dan rohani), penyaluran dorongan seksual, penyelesaian konflik dan sebagainya.

bk sosial

BK sosial adalah Proses bantuan untuk memfasilitasi siswaagar mampu mengembangkan pemahaman dan keterampilan berinteraksi sosial, serta memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapinya
Bimbingan dan konseling social Meliputi Pengembangan :   
            1. Pemahaman tentang keragaman suku dan  budaya.
            2. Sikap-sikap sosial ( empati dll )
            3.  Kemampuan berhubungan sosial secara   positif.
            Tujuan BK social Membantu siswa agar mampu mengembangkan kompetensinya dalam hal sebagai berikut :
n   Bersikap respek (menghargai dan menghormati) terha-
            dap orang lain.
n   Memiliki rasa tanggung jawab dan komitmen terhadap
            tugas, peran hidup dalam bersosialisasi.
n   Memiliki kemampuan berinteraksi sosial (human -
            relationship).
n   Memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara verbal
            maupun non verbal.
n  Memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri
            (adjusment)
           
Masalah social
1.       Kurang menyenangi kritikan orang lain.
2.      Kurang memahami etika pergaulan.
3.      Merasa malu untuk berteman dengan lawan  jenis.
4.       Kurang mampu mnyesuaikan diri.
5.      Penyakit 2 sosial seperti : tawuran, gang motor, ‘pemalakan’, pencurian, dll.
Permasalahan Individu Ditinjau dari Tugas-Tugas dan Aspek-Aspek Perkembangan adalah Perkembangan Fisik, Perkembangan Bahasa, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial, Perkembangan Emosi, Perkembangan Moral dan Etika, Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Agama.

definisi belajar

Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya. Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.
Jadi dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa BK belajar/akademik adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan secara face to face maupun melalui media tertentu oleh konselor yang bertujuan agar siswa didik memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif. Memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar sepanjang hayat,emiliki keterampilan belajar yang efektif. Memiliki keterampilan untuk menetapkan tujuan dan perencanaan belajar/pendidikan. Memiliki kesiapan mental dan kemampuan untuk menghadapi ujian. Memiliki keterampilan membaca buku.